TIPS DAN TRIK

Sabtu, 09 Oktober 2010

POWER SUPLY

Jangan Anggap Remeh Power Supply

3:54 PM | with 15 komentar »

Power supply atau sering kita sebut PSU. Nah perangkat yg satu ini sering kita anak tirikan...

Kenapa?
Karena kita sering menganggap perangkat yang satu ini kurang penting. Padahal PSU sangatlah penting bagi komputer. Ya Ibaratnya PSU itu sebagai MAKANAN KOMPUTER kita, Kebutuhan PSU yang kita pasang di komputer kita tergantung dari sepesifikasi dari komputer itu sendiri. Karena apabila pada komputer kita pasang PSU yang tidak / kurang cocok dengan kata lain daya yang di suplai oleh PSU ke komputer kurang... maka lama kelamaan komputer kita akan rusak.

Kok bisa??
Misal, kit lari - lari 100 meter sehari 1 kali, otomatis kita kan capek dan pasti makan donk... tapi mungkin dengan makan NASI TAHU TEMPE saja tenaga kita sudah balik.
Berbeda apabila kita lari - lari 3 kali sehari sepanjang 5 Km (BUZZET hebat bener) secara manusiawi kita kita pasti membutuhkan energi yang banyak, otomatis kita harus makan yang bergizi untuk menggantikan energi kita. misal kita makan NASI AYAM, IKAN, dll yg termasuk 4 sehat 5 sempurna dan mungkin kita tambah supplement. Bila kita tidak makan seperti itu maka kita akan jatuh sakit, benarkan???
nah ini sama seperti komputer, Komputer yang EXTREM itu harus dipasang PSU yg mempunyai efisiensi tinggi, contoh bisa sampai 80% yaitu, silverstone, corsair, dll.


Emangnya PSU yang bawaan casing tidak cukup?
Benar biasanya PSU bawaan casing komputer tu tidak real. maksudnya tidak menghasilkan OUTPUT yang sesuai di label. paling2 tertulis 500 Watt tapi paling efisiensinya 35%-50% dan Outputnya cuma 250 Watt.

Ciri - ciri PSU yang real...
Biasanya sih PSU real, mempunyai bobot yg BERAT misal 2 - 4 kg... GILA berat bener?? dan MAHAL. punya sertifikat diakui... dll.

Seperti PSU aku dulu yang bawaan casing aduh... bikin susah pokoknya, sudah makan korban memory sama hard disk.. untung VGA nya gak kena korban... setelah itu aku langsung beli PSU Silverstone ya emang sedikit mahal sih... tapi dari pada harus ganti Hard disk dll kan, pasti lebih mahalkan...???
 
 
posted by,, D'gus Komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar